Kamis, 10 Oktober 2019

Cara Mancing Ikan Bawal di Sungai

Share Info ~ Ikan bawal merupakan salah satu ikan favorit para pemancing tanah air. Tarikan ikan yang masih berkerabat denagn ikan piranha ini memiliki power yang lumayan kuat. Bagi pemancing ikan bawal, trik khusus untuk menaklukkan ikan ini sangat sering dipelajari.


Nah pada edisi kali ini kami akan berbagi tips Cara Mancing Ikan Bawal di Sungai dengan tepat agar sukses menaikkan ikan bawal ke permukaan. Ada 2 cara memancing ikan bawal yaitu dengan rangkaian berpelampung dan glosor. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Rangkaian Berpelampung


Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter.

Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

Rangkaian Glosor


Rangkaian glosor ini memiliki keuntungan tersendiri yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, tidak membuat kenur saling mengikat / kusut.

Dan tentunya para pancinger tidak perlu melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari, bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu menggentak lagi.

Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal ( karena gigi ikan bawal sangat tajam ), tapi ada cara lain dengan memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil), sehingga mudah dihisap oleh ikan.

Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya. Nah sekian penjelasan mengenai Cara Mancing Ikan Bawal di Sungai. Semua pembahasan saya rangkum dari mancingmania. Salam Strike !



0 komentar:

Posting Komentar